Jumat, 26 Februari 2010

FRESH YOUNG MIND

Sebuah Mobil berhenti didepan panti jompo. Pengemudinya keluar dan membukakan pintu memapah orang tua dan diantarnya ke pengurus panti. Lalu dengan bergegas untuk masuk mobil kembali sambil berkata "baik2 disini yah, kami akan sering mengunjungi mu. Dadah" mobil melaju kencang meninggalkannya.

rupanya dia adalah anak dari sang calon penghuni panti.
Kemudian suster panti mengantarnya dan memperkenalkan kepada para penghuni panti yg lain.
Penghuni yg baru ini merasa keheranan, sebab didalam panti itu banyak sekali orang yg seusianya, usia mereka rata2 80 tahun keatas, sifatnya semua mirip anak2. Ada yg sedang noton tv, bermain kartu, menyulam baju, dan ada yg sedang sibuk ngerumpi.

Hari ini mereka akan kedatangan tamu istimewa, ia adalah seorang magician, bisa menyulap orang menjadi muda kembali.
Benar saja ketika hari sudah mulai petang orang itu datang dan disambut oleh mereka.
Mereka sangat menanti aksi sulapnya. Tapi sang magician mengundur acara, pertunjukanya nanti malam pas jam dua belas. Siapa yg ingin kembali muda silahkan ikut. Mereka semua setuju ingin mengikuti acara itu tapi, hanya seorang saja yg tidak mau ikut, ia adalah seorang penghuni panti yg baru tadi. "Ini adalah pembodohan, kalian jangan mau dibodohi. Kalo kalian memaksa, saya akan melaporkanya ke pengurus panti" ancamnya dengan nada yg sok pemimpin.

Malam telah tiba, pas jam dua belas mereka dibangunkan satu persatu. Mereka keluar dengan mengendap endap. "ssstt ! Jangan sampe suster itu tau, bisa gagal nanti rencananya, kita akan kembali muda lagi" bisik salah satu dari mereka.

Mereka lalu berkumpul di halaman, sang magician sudah lama menunggu dan menyambut mereka. "ok. Permainanya dimulai. Kita maen petak umpet. Kalian bersembunyilah. Aku yg akan menunggu kaleng ini dan akan aku temukan kalian. Aku sudah menutup mataku. Silahkan kalian sembunyi. 1...2...3".

masing2 mencari tempat persembunyian. Setelah agak lama, sang magician mencari mereka satu persatu dan menemukan dalam keadaan sudah berubah jadi anak kecil usia 8 tahunan. Mereka lalu dikumpulkan.
Ada yg protes bajunya sekarang longgar, cincinya lepas karena jemarinya terlalu kecil, ada yg tidak mau lagi kehilangan orang2 yg tercinta sewaktu masih kanak2. Ada yg bercerita bahwa dulu ia pernah melihat komet heli diusia 8 tahun.
Lalu sang magician bertanya "sekarang kamu mau melihat komet heli itu lagi diusia 8 atau 80?" anak itu menjawab 80.

Permainan selesai. Anak2 manis itu digiring ke kamar tidur mereka dengan membawa "wejangan" bahwa sebenarnya jiwa tak pernah mengalami tua. Hanya jasad wadag ini yg tak bisa kompromi.
Maka jalanilah hidup dgn memegang wejangan itu, hiduplah dgn "FRESH YOUNG MIND".
Karena jiwa tak pernah tua.

Film: The Twilight Zone. Stephen spielberg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar