Minggu, 10 Juli 2011

tentang "Tuhan" dan "Tuan"

Orang inggris bilang "oh, Lord.." yg artinya "oh, Tuhan.."
kadang juga mereka bilang kepada orang yg berkuasa dgn "thank you, my
Lord.." yg artinya "terimakasih, Tuan..".


di indonesia, pada masa kerajaan kerajaan ato kesultanan sekarang,
mereka biasa memanggil dgn sebutan "Gusti". "ampun Gusti.." atau untuk
panggilan anak Gusti "pangeran".


lihat, kata "Tuan" mirip dgn kata "Tuhan" yg memang arahnya ke
"Gusti". Seperti bahasa inggris juga "Lord" bisa berarti "Tuan" dan
"Tuhan".


dugaan saya, Tuhan itu berarti "yg berkuasa" atau "yg punya kuasa".


seperti yg saya liat di film "the quick and the death" yg dibintangi
Leonardo Di(samani) Caprio, pada satu adegan, sang penguasa kota yg
kejam itu berpidato ditengah tengah penduduk kota. Begini:
"kalian ini
bagaimana?! Disuruh bayar pajak bilang gak mampu. Tapi untuk menyewa
pembunuh bayaran mampu. Ketahuilah bahwa aku pemilik kota ini!
Penguasa kota ini! Bahkan kalian bisa memandang indahnya mentari pagi
pun, itu karena aku!"


demikianlah saya mengartikan pengertian tentang Tuhan.


bahkan ayah saya pun pernah berkata begini: "hey samani, aku ini wakil
Tuhan mu di bumi. Maka patuhilah perintahku!"


ayah, berkuasa terhadap diri saya. Karena adanya saya itu disebabkan
adanya beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar