Rabu, 28 September 2011

tulisan dan angka angka

Penemuan manusia yg tidak mengalami kebangkrutan itu adalah tulisan dan angka angka.

Berpuluh puluh tahun yg lalu muncul piringan yg terbuat dari ebonit yg bisa menterjemahkan gesekan jarum menjadi nada nada. Kemudian diganti dgn gulungan pita kaset. Berganti lagi menjadi laser disc.

Laser disc tidak laku. Diganti dgn yg lebih simple; vcd.
Masa berganti ke tekhnologi dvd, flash disc, dan entah apa lagi.
Tapi tulisan, tetap menjadi nomor satu.

Koran berisi tulisan, komputer berisi kode kode tulisan, handphone juga.

Pernah saya dengar bahwa komunikasi jarak jauh itu pertama kali adalah dgn sinyal radio. Sinyal itu hanya bisa mengirim bunyi panjang dan pendek. Maka terciptalah sandi morse.
Bunyi pendek dibaca titik. Bunyi panjang dibaca strip.

Nah, digambarkan pada satu kapal penumpang pada satu film dokumenter, si tukang pengirim pesan sedang mengirim pesan jarak jauh kepada kapal lainya dgn sebuah mesin. Dia tampak mengeja tulisan dgn tangan kanan, dan mengetikan tuts kode bunyi itu dgn tangan kiri. Tut. Tuuutt.. Berarti titik strip. Dibaca oleh si penerima bahwa itu adalah sandi morse yg berarti huruf anu. Terus saja pesan itu terkirim hingga membentuk sebuah kalimat.

Kini. Mesin itu berubah menjadi radio, televisi, telephone, handytalky, internet, yg langsung bisa menterjemahkan sinyal tadi menjadi tulisan, suara, dan gambar.

Bahkan, kumpulan kode kode aneh bisa berubah menjadi sebuah mesin yg seperti punya pikiran. yaitu bisa menterjemahkan berbagai tulisan dgn tulisan dan bahasa yg kita inginkan!

Yay! Penemuan manusia yg tidak mengalami kebangkrutan itu adalah tulisan dan angka angka.

gambar nyomot dari ryuandi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar