Rabu, 03 Februari 2010

AJARAN

Saya punya seorang teman beragama budha. Ia begitu toleran terhadapku.
Suatu hari kami terlibat obrolan tentang agama. Ia mengakui sendiri bahwa agama budha bukanlah firman, agama budha adalah ajaran. Betapa hebat dan mulia sidharta, sebagai seorang keturunan raja, mengembara di tempat tempat sunyi untuk menemukan kedamaian, menemukan ajaran yg sekarang tidak sedikit orang mengikutinya.
Teman saya berlanjut pada obrolan mengenai ajaran itu, salah satunya adalah sembuhkanlah orang sakit, beri makan orang lapar.
Kalo boleh saya simpulkan perbedaan ajaran dgn firman itu begini; ajaran condong ke hubungan antara manusia dengan manusia, sedangkan firman, hubunganya condong ke tuhan.
Ajaran mengajarkan budi pekerti, firman melahirkan sariat.
Suatu hari temanku ini mengajari ku bagaimana memulai meditasi ringan, Pertama mengambil sikap duduk bersila kemudian luruskan tulang punggung kemudian mulai tarik nafas perut kembung, buang nafas perut kosong, konsentrasikan pada aliran nafas kemudian kosongkan fikiran menuju pusat kesadaran.
Walaupun ia menerangkan padaku begitu panjang lebar, tapi selama ini saya belum pernah melakukanya. Hehehe..
Jadi memang benar, agama itu ada dua. Agama samawi dan agama ardhi. Agama samawi adalah agama yg datang dari langit yg dibawa oleh para nabi, sedangkan agama bumi adalah kepercayaan atau ajaran yg dibawa oleh orang2 suci dari bumi.
Semua agama menjanjikan kebahagiaan dunia dan akhirat, agama samawi punya surga dan neraka, agama bumi punya... Apa ya? Ah, saya perlu nanya lagi nih...
Ya dah thanks...
Tinggalkan komentar nya donk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar