Rabu, 24 Februari 2010

KERIS

Ada yg bilang benda ini dibuat hanya dengan tanah lempung (tanah liat merah).
Ada yg bilang lagi benda ini dibuat dengan logam bermutu tinggi.

Saya pernah melihat sendiri, benda ini dibuat dengan dua jenis logam berbeda. Logam yg biasa ditemukan, dan logam inti yaitu dari jenis batuan. Batu yg bertuah.

Konon katanya, para empu pencipta keris ini menunggu berbulan bulan untuk mendapatkan batu bertuah ini jatuh dari langit. Batuan meteor.

Keris ini dibuat dengan karya seni tinggi, tidak mudah untuk menyelesaikan satu hasil karya. Butuh bertaon taon, ketelitian dan curahan seni dari sang empunya.

Gagang dan werangka nya bukan dari kayu biasa tentunya. Semuanya bahan pilihan termasuk batu mulia yg menghiasi leher gagang.
Lekuk nya dimulai tiga, lima, tujuh, sembilan dst
rata rata bermotif ular.

Kebanyakan juga keris2 ini beracun. Memegangnya saja bisa terkena racun yg dapat merusak kulit.

Ukiran di badan keris sungguh mempesona siapa saja yg melihatnya, kadang kadang juga dilapisi emas.
Tuah yg ada pada tiap tiap keris berbeda beda, ada yg melindungi ada yg membuat sang majikan lebih berwibawa dan ada juga yg untuk pesugihan.

Orang orang zaman dulu dan sekarang pun masih sangat menghargai karya seni ini. Harganya ampe puluhan juta rupiah, tergantung nilai sejarah dari sebuah keris itu. Misalkan keris anu pernah dipakai raja anu dalam pertempuran anu. Hahaha puyeng saya ngarang ceritanya. Pokoknya gitu deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar