Rabu, 17 Februari 2010

Gus N' Roses: Use Your illusion I

Di album use your illussion yg dirilis taon 1991, mereka meracik musik jauh berbeda dgn album pertamanya yg terkesan urakan. Yg ini menurutku lebih dewasa. Ini Mungkin karena mereka sudah punya modal untuk membeli alat alat sound sistem yg canggih, mungkin juga karena masa mereka yg rata rata hendak melangkah ke jenjang pernikahan sehingga lebih dewasa bersikap dan mempengaruhi jenis musiknya.
Walaupun begitu, album ini dibuka dgn lagu right next door to hell yg masih berbau album sebelumya yg urakan, rock n' roll abis. Setelah itu ada live and let die nya paul mc cartney (gitaris the beatle yg bersolo karir setelah bandnya bubar), diracik kembali oleh Guns N' Roses dgn garang. Lagu itu (live and let die) penuh filosofi. Bahwa manusia itu hidup, berbuah, dan kemudian mati.

Di lagu ketiga pada album ini ada Don't Cry sebagai lagu Hit mereka, diputar diseluruh radio radio amerika. Video klipnya menggambarkan ketenaran mereka yg membuat hidup jadi kacau dan kemudian mati dan ber-reinkarnasi lagi.
Hit hit selain itu di album ini, november rain, garden of eden, don't damn me, you an't the first, the garden, dead horse, bad obsession, back of bitch, dan masih beberapa lagi yg belum saya sebutkan.

Sampailah kita pada lagu terakhir berjudul Coma, salahsatu lagu favorit saya pada grup band ini. Durasi lagu nya nyampe 10 menit lebih, terdiri dua bagian lagu yg jadi satu. Ditengah lagu, benar benar menceritakan jiwa yg sedang 'ngayarana' karena sang jasad sedang koma. Hingga sang jiwa mengutuk jasad yg tak mau bangun. Digambarkan syair nya begini:
gotta one way ticket on your last chance ride.
Gotta one way ticket to your suicide.
Gotta one way ticket and there's no way out of live.

Hingga sampai akhir lagu, melodi gitarpun kehabisan nafasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar