Minggu, 28 Maret 2010

antara BRAVEHEART, MAHABHARATA, CATUR, dan AKU.

Melihat film film yg menceritakan peperangan jaman dulu ko mirip permainan catur ya..

Pertama pion dulu maju(tentara/prajurit), terus pasukan berkuda, pasukan gajah. Sedangkan raja dan mentri berada dibelakang memberi komando.
Kalo peperangan hampir kalah, raja cepat2 lari pake kuda.
Hikikikik.. Masuk akal juga kan?

Permainan Catur ini katanya berasal dari india. Saya lupa tahun berapa berapa nya. Nyari informasi nya males. Padahal sih mbah google selalu ada disamping. Tapi lagi males ya mo gimana lagi. Udah lah, terserah saya saja. Siapa yg tidak cocok silahkan tinggalkan komentar. Hehehe, promosi lagi... :D

berasal dari india, berarti konsep nya ngambil dari kitab mahabharata yg menceritakan perang bharatayudha. Yg artinya menurut bahasa adalah perangnya para petinggi kerajaan. Bharata = kepemerintahan. (hehehe, ini versi saya. Jangan terlalu percaya) yudha =perang/peperangan.

Perangkat perang mereka yaitu ribuan prajurit, ratusan pasukan berkuda, ratusan pasukan penunggang gajah, beberapa benteng pertahanan, dan tentunya raja dan mentrinya beriringan memberi komando sembari kipas kipas diatas kuda mereka yg cantik dan mahal.

Kalau tiba tiba terjadi ancaman SKAKMAT, cepat cepat lah lari terbirit birit dgn kuda itu. Hahaha...
Hiaaat!
Kabuuuurrr!

Nah, kalo dialam nyata perang itu atas dasar politik kekuasaan, tahta, perebutan wilayah, yg dipoles dgn kepercayaan kepercayaan agama dan keyakinan. Maka di papan catur, pemain catur adalah tuhanya para biji catur. Hehehe,

kok bisa begitu?

lah iya. wong saya yg menggerakan biji biji catur itu kok..
Biji biji catur itu kan tidak berkehendak. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar